Batu So'on Yang Penuh Misteri

Bondowoso - Pasti ada penasaran ketika ada yang share melalui sosial media tentang foto batu besar seperti kepala anak punk. Batu besar membentu kepala punk ini ada wujudnya, telah lama ada dan asli dari alam tanpa ada campur tangan. Sudah tahu belum posisinya dimana?

Batu kepala anak punk ini berada di Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. "Aneh tapi nyata, ya beginilah bentuknya saya kira ini foto editan hasil potoshop, ternyata memang benar ada di Bondowoso, saya cari tahu batu ini di goggle berada dimana dan apa nama batu ini, akhirnya saya menemukan nama batu ini bernama batu soon", kata pengunjung.

Saya penasaran dengan batu tersebut, jauh-jauh dari pulau Bali saya datang karena penasaran dengan bentuknya, saya dapat foto dari sosial media facebook dan kiriman via whatsapp. Tak ambil pusing saya langsung mengagendakan liburan minggu depan ke tempat batu ini," kata pengunjung.

Batu ini bernama Batu so'on, di eropa menyebutnya stonehenge. Jika anda ingin melihat stonehenge tidak usah jauh-jauh datang ke eropa, di Indonesia terdapat batu stonehenge walau tak sebesar di eropa.

batu Stonehenge Indonesia
Batu so'on sering orang sekitar bilang, karena mayoritas warga sekitar berbahasa madura, jika dalam bahasa Indonesia yakni batu susun.

Belum ada kepastian, batu ini merupakan batu megalitikum atau batu yang baru saja terbentuk, yang pasti batu ini bukan hasil karya manusia. Kata orang sekitar pun beranggapan batu ini merupakan aset berharga Bondowoso, hasil karya alam yang sungguh mempesona yang tak ada duanya.

Tak lama ini, dinas pariwisata Bondowoso merubahnya destinasi ini menjadi wisata agar menambah pendapatan Bondowoso dan mendongkrak perekonomian warga sekitar. Bondowoso memang memiliki banyak potensi wisata alam, apalagi daerahnya di kelilingi pegunungan besar seperti Gunung raung, Gunung ijen, Gunung Argopuro.

Rute menuju Batu So'on
Jalan menuju batu so'on sudah bagus, jalan aspal mulus dan aman, namun harus tetap berhati-hati karena jalan sedikit berkelok-kelok dan sempit. Desa solor terdapat di Bondowoso bagian timur, sekitar 25km dari pusat kota Bondowoso.

Tiket masuk batu so'on
Setiap tempat wisata pasti ada tiket masuknya, tiket masuk batu stonehenge / so'on ini cukup murah. Dengan membayar tiket tersebut, anda bisa berfoto ria dengan kamera kesayangan anda.

Apakah ada cerita misteri di batu so'on?
Menurut warga sekitar, tidak ada cerita misteri di batu tersebut, hanya saja tempat yang jarang di kunjungi orang dan tempat yang penuh dengan tumbuh-tumbuhan beranggapan tempat situ angker tapi nyatanya tidak angker.

Bagaimana menurut anda? kapan mau kesini?  Ayo ke Bondowoso, jalan-jalan ke Batu so'on dan tempat wisata lainnya yang ada di Bondowoso.

Terima kasih telah mengunjungi situs ini, silahkan share agar lebih bermanfaat dan jangan lupa ayo ke Bondowoso.