Rute dan Estimasi Perjalanan Puncak Piramid

Rute dan Estimasi Perjalanan Puncak Piramid - Sudah pernah dengar atau mendaki wisata yang satu ini belum? Wisata alam satu-satunya yang penuh tantangan di Kabupaten Bondowoso yaitu Puncak Bukit Piramid.




Puncak piramid berada di Desa Ardisaeng Kecamatan pakem Bondowoso, untuk menuju puncak ini kalian melewati pintu masuk di perkampungan tegal tengah desa curahpoh kecamatan Curahdami Bondowoso. Estimasi perjalanan menuju puncak piramid naik butuh waktu 6 jam dan turun butuh waktu 6jam.

Rute Perjalanan Puncak Piramid tidak mudah di lalui, butuh pengalaman dan semangat untuk sampai puncak. Hilangkan rasa sombong dan meremehkan dari hati pikiran kalian walaupun hanya guyonan. Hati-hati ini gunung, ada penunggunya, kita harus izin dan ucapkan salam.


Berawal dari tempat camp jam 6 pagi, berangkat menuju sungai belantara tanap ada petunjuk jalan yang sudah nyaman untuk di lewati. Perjalan penuh tantangan walaupun berjalan bersama-sama terkadang juga sering kesasar tak tahu arah.


Butuh waktu 1 jam menuju sungai dan jam menunjukkan pukul 7 lewat, tak mudah melalu walaupun tenaga masih ada, belum merasakan leleah sedikit pun yang ada hanya bayangan berada di puncak.

Sungai telah di lewati sekarang menuju pegunungan kecil, orang menyebutnya perbukitan. Butuh waktu sekitar 30 menit sampai di pegunungan. Cukup sedikit melelahkan karena medan mulai menanjak dan bekelok-kelok.


Sesampainya di Pegunungan kita, saatnya menuju Batu langger. Warga sekitar menyebutnya batu langger, kabarnya sebagi tempat beribadah (sholat). Batu ini melebar ke samping dan cukup besar, jangan asal duduk di batu ini, etika tetap di gunakan karena bisa saja ada penghuninya yang tidak kasat mata.



Boleh istirahat sekita area batu langger, bersantai sekitar 10 menitan. Jangan lama-lama, perjalanan masih panjang dan usahakan kembali ke camp jam 6 Sore. Jam menunjukkan pukul 9 lewat, istirahat selesai sekerang menuju batas vegetasi.


Apa itu batas vegetasi?
Vegetasi bukan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan, tapi batas wilayah pendaki sering tersesat. Disini kita mulai di uji iman dan taqwa kita, banyak pendaki yang merasa sombong karena telah menaklukkan alam liar yang lebih sulit. Sesungguh kesombongan ini dapat mengundang jin untuk memberi petujuk jalan yang salah.


Jangan pernah sombong, jangan menghina teman yang lelah walau itu hanya guyonan. Jika ada teman yang lelah tidak kuat berjalan, beristirahatlah sejenak atau kembali ke camp. Batas vegetasi bukit piramid segera berakhir hanya butuh waktu 20 menit namun tantangan menuju puncak belum selesai.


Dari batas vegetasi menuju puncak butuh waktu estimasi 3 jam, jalan mulai menanjak kemiringan 45 derajat. Banyak pendaki mulai menyerah karena jalan yang licin penuh kerikil dan melewati batu besar yang mengahalagi jalan.

Perjalan ke puncak hanya setapak, sebalah kiri jurang dan sebelah kanan jurang dengan kedalaman masing-masin 30 meter lebih. Hati-hati jika berjalan, jangan berlari saking semangatnya melihat puncak piramid.

Beristirahatlah sejenak untuk minum dan mengembalikan tenaga di tengah perjalanan. Terik matahari mulai menyengat, jam menujukkan pukul 11. Sudah 2 jam di lalui dari batas vegetasi tadi, menunju puncak 1 jam lagi harus sampai tepat pukul 12 siang.


Cukup lelah memang seorang pendaki, tapi lelah akan terbayar ketika sudah berada zona nyaman yang kita tuju. Tidak ada usaha yang sia-sia jika dilakukan dengn iklash dan santai.



Puncak gunung telah di depan mata, sekitar 50 meter tapi waktu yang di butuhkan sekitar 20 menitan karena tenaga mulai habis. Camilan minuman menipis sebagai pengisi tenaga dan perut.



Sampai sudah di pucuk gunung piramid, yang kata orang penuh misteri dan mtios-mitos. Diatas puncak bukit piramid Bondowoso terasa nyaman, adem seperti di surga. Kita dapat melihat keindahan yang mempesona, cukup eksotis, natural dan sungguh luar biasa.


Setengah jam di atas puncak piramid, cukup untuk mengabadikan moment diatas. Saatnya turun kembali ke camp. Untuk kembali ke camp, tetap melewati jalan yang tadi kita lalui, naik bersama-sama, turun juga bersama-sama, jangan saling meninggalkan hanya mengejar waktu.



Untuk turun butuh waktu yang sama dengan naik, estimasi sekitar 4- 6 jam tergantung pada tenaga yang ada. Sebaiknya and amengajak orang yang berpengalaman atau membayar gaet untuk mengantar ke puncak.

Siapkan peralatan dan keperluan untuk mendaki, jangan memaksakan jika belum memiliki peralatan mendaki gunung. Mnedaki gunung bermodalkan keyakinan dan tenaga tidak cukup ya.


Terima kasih telah mengunjungi situs ini, silahkan share agar lebih bermanfaat dan jangan lupa ayo ke Bondowoso.