Megalitikum Bondowoso

Megalitikum Bondowoso - Setelah mendeklarasikannya sebagai "Republik Kopi", Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menyatakannya sebagai kota Megalitikum. Deklarasi tersebut merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Bondowoso, untuk menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin, menjelaskan, Kabupaten Bondowoso memiliki potensi yang cukup besar, terutama wisata sejarah. "Jadi kalau saya disamakan, Kabupaten Bondowoso adalah surga bagi benda-benda tradisional yang tersebar di beberapa daerah," katanya kepada Kompas.com, Minggu (12/2/2018).

Menurut Salwa, situs megalitik di Bondowoso memiliki nilai pendidikan, dalam bentuk pendidikan sejarah. "Kami ingin, komunitas, terutama di kalangan siswa, dapat belajar tentang situs-situs ini. Jadi, mereka dapat mengetahui sejarah kota tempat ia dilahirkan dan tumbuh," tambahnya.

Salwa berharap bahwa melalui deklarasi tersebut, wisatawan dapat datang ke Bondowoso, sehingga berdampak pada masyarakat di sekitar lokasi situs megalitik. "Situs kami tersebar di seluruh kecamatan, jadi dengan kedatangan wisatawan, kami berharap itu akan berdampak pada ekonomi masyarakat," katanya.

Secara terpisah, Ketua Dewan Pengawas Seni Bondowoso, Sinung Sudrajat mengatakan bahwa situs megalitik merupakan salah satu aset emas yang dimiliki oleh Bondowoso. "Kabupaten lain tidak memiliki potensi ini, jadi kita harus memanfaatkan kekayaan ini sebaik-baiknya, untuk menarik wisatawan datang," katanya.

Berdasarkan data yang dimilikinya, ada total 1.215 situs megalitik yang tersebar di seluruh kecamatan. "Di semua kecamatan ada, dan memang perlu dilakukan penelitian, situs ini sudah berapa ribu tahun," katanya.


Melalui deklarasi ini, Sinung berharap Kabupaten Bondowoso akan menjadi lebih dikenal luas oleh masyarakat. "Kita sudah dikenal karena kekayaan alamnya dalam bentuk kopi dan beras organik. Sekarang situs megalitik ini juga harus dikenal oleh masyarakat luas," pungkas Sinung.

Terima kasih telah mengunjungi situs ini, silahkan share agar lebih bermanfaat dan jangan lupa ayo ke Bondowoso.